Jasa percetakan kemasan

Mengenal Percetakan Packaging Dan Penggolongannya

Jasa Percetakan packaging atau kemasan memang telah banyak digunakan untuk berbagai jenis produk. Kemasan berfungsi untuk menambahkan kesan cantik sebuah produk yang akan dipasarkan. Dengan jasa percetakan kemasan yang cantik konsumen akan lebih mudah tertarik. Sehingga dapat mendatangkan keuntungan yang besar karena berhasil menarik hati konsumen.

Apa itu percetakan packaging

Jasa percetakan kemasan sangat berpengaruh pada pemasaran produk. Dengan dilapisi kemasan, produk menjadi lebih aman. Kemasan sebenarnya memang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Kemasan berfungsi untuk mengemas atau membungkus produk seperti makanan, aksesoris, elektronik, produk kecantikan, dan lain sebagainya.

Kemasan sendiri merupakan sesuatu berbentuk fisik sebagai wadah suatu produk. Penggunaan kemasan yang baik dapat mempresentasikan produk dan membuat produk mempunyai nilai jual lebih tinggi karena bentuk atau desainnya yang menarik.

Kemasan juga berfungsi untuk melindungi produk dari proses penyimpanan sampai proses pendistribusian. Jasa percetakan kemasan dapat membantu Anda  membuat kemasan yang menarik kemudian mencetaknya.

Jenis percetakan kemasan

Kemasan yang dicetak memiliki golongan atau jenis yang disesuaikan dengan fungsinya. Penggolongan dibuat untuk memudahkan proses dan pengklasifikasi produk lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan konsumen. Berikut adalah penggolongan kemasan berdasarkan fungsinya antara lain:

  1. Kemasan primer

Kemasan primer disebut sebagai kemasan utama yang berhubungan langsung dengan produk atau langsung membungkus produk. Misalnya botol minuman, kaleng susu, dan lain sebagainya.

2. Kemasan sekunder

Kemasan sekunder merupakan kemasan dengan beberapa fungsi untuk melindungi beberapa produk atau dalam jumlah tertentu misalnya kotak karton atau kotak kayu.

3. Kemasan tersier

Kemasan tersier adalah kemasan yang dibutuhkan untuk kemasan primer dan sekunder yang berfungsi melindungi produk selama pengangkutan.

Kemasan juga dibedakan berdasarkan bahan baku dan teknologi pembuatan antara lain:

  1. Flexible packaging yaitu kemasan yang dibuat dari bahan dengan sifat lentur seperti nylom, HDPE (high density polyethylene), PVC (polyvinyl chloride), dan masih banyak lagi. Jenis kemasan ini biasanya digunakan untuk produk makanan.
  2. Paper board packaging terdiri dari kemasan kertas seperti untuk semen, kemasan kotak karton lipat atau kardus, kemasan karton dengan lapisan bergelombang di tengahnya seperti untuk mengemas alat-alat elektronik.
  3. Glass bottle packaging atau botol-botol beling.
  4. Metal can packaging yaitu kemasan kaleng dari alumunium, logam, baja, dan sebagainya.
  5. Woven plastic bag packaging yaitu kemasan tenun plastic atau karung untuk mengemas beras, pupuk, dan lain sebagainya.
  6. Rigid plastic packaging terbuat dari plastic yang kaku dan tidak mudah pecah.
  7. Wooden packaging yaitu dari bahan kayu sehingga berfungsi sebagai kemasan tersier saat pendistribusian produk.
  8. Woven plastic bag packaging yaitu kemasan yang terbuat dari anyaman serat-serat.

Berbagai jasa percetakan kemasan (packaging) dapat dibuat dengan menarik dan fungsional untuk melindungi produk namun tetap  menarik hati konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *